Perlunya Memiliki Hosting dengan Domain Sendiri

Hosting dan domain tidak dapat dipisahkan. Website apapun memerlukan hosting dan domain sebagai satu kesatuan. Jika salah satunya tidak ada maka suatu website tidak dapat diakses.

Hosting adalah tempat penyimpanan file website sedangkan domain adalah nama dari website itu. Hosting bisa diibaratkan seperti tanah kavling sedangkan domain adalah nama bangunan yang berdiri di atasnya. Sedangkan bangunan itu sendiri adalah website.

Dengan menilik pengibaratan di atas, maka memiliki hosting sendiri bagi website kita adalah sangat penting karena beberapa alasan berikut :

1. Kepemilikan Data

Website yang dibangun menggunakan hosting gratis ibarat membangun rumah di atas tanah umum. Sewaktu-waktu pemilik lahan bisa menutup lahan tersebut. Jika itu terjadi bagaimana nasib bangunan di atasnya? Bagaimana nasib data-data website kita? Website adalah aset berharga yang semakin berumur semakin tinggi nilainya. Saat ini tersedia berbagai layanan hosting murah. Gunakanlah kesempatan itu untuk menyelamatkan aset milik Anda yang tak ternilai harganya.

2. Keleluasaan

Memiliki website menggunakan hosting berbayar sendiri jelas lebih leluasa. Ibarat memiliki rumah di atas tanah sendiri. Anda bebas mau melakukan apa saja. Sesuatu yang gratis tentu saja mengandung keterbatasan.

3. Iklan

Biasanya hosting gratis hidup dari iklan. Karena itu hosting gratis biasanya menyisipkan iklan di fasilitas hosting gratis yang diberikannya. Jika iklan ini muncul di website kita, apalagi website yang kaitannya dengan perusahaan, maka citra perusahaan ini akan rusak.

4. Keterbatasan Dukungan Teknis

Selain biaya perangkat, biaya operasional pengelolaan hosting tidaklah murah. Apalagi menyangkut biaya untuk membayar tenaga technical support. Karena itu, hosting gratis biasanya tidak menyediakan dukungan teknis selama 24 jam sehari. Mereka hanya memberikan dukungan teknis pada jam-jam tertentu dan hanya melalui email. Hal ini tentu saja akan menyulitkan jika terjadi gangguan atau hal lain yang perlu ditanyakan.

5. Backup Data

Hampir pasti hosting gratis tidak menyediakan backup data. Lalu apa yang akan terjadi jika server mereka mengalami kerusakan yang mengakibatkan hilangnya data? Anda tidak bisa menuntut backup data karena Anda tidak pernah membayar apapun. Backup data adalah biaya tersendiri bagi perusahaan hosting. Jika demikian, bersiap-siaplah untuk kehilangan data website Anda dan membangun dari awal.

Penyedia Hosting Murah

EazySmart.com adalah salah satu penyedia hosting murah yang ada di Indonesia. Pastikan Anda mendapatkan layanan terbaik dari penyedia hosting terbaik ini. Klik di sini untuk layanan web hosting murah, domain murah dan semua keperluan website Anda.

Leave a Comment

Filed under Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>